Like us!
Follow us!
Follow us!
Follow us!
Follow us!
  • ๐Ÿ“… Tanggal :  
  • โณ Waktu :  
  • |
  • Login
  • Register Member
๐ŸŒŸ ECONOMY - Inspiration |

Ada berita apa yang baru di MOSYAN-ORGANIZER hari ini?, Anda dapat menemukan pembaruan seperti berita dan rilis di kanal ini dari berbagai macam kategori berita yang telah disediakan untuk anda.

 

RESESI INDONESIA SUDAH DIDEPAN MATA, BERFIKIR MATANG DAN PILAH PILIH SEBELUM MELAKUKAN SESUATU

RESESI INDONESIA SUDAH DIDEPAN MATA, BERFIKIR MATANG DAN PILAH PILIH SEBELUM MELAKUKAN SESUATU
Pandemi Corona yang berkepanjangan ini membuat banyak hal tidak baik terjadi. Terlepas dari kontroversi apapun yang ada, CORONA ini nyata dan telah menghancurkan banyak kehidupan kita dari berbagai segment.

RESESI INDONESIA SUDAH DIDEPAN MATA, BERFIKIR MATANG DAN PILAH PILIH SEBELUM MELAKUKAN SESUATU
 
Indonesia kini diambang RESESI yang membuat kita jika memikirkannya saja sudah membuat gemetar dan kalut. Mungkin bagi sebagian orang dan  bahkan kebanyakan orang tidak “perduli” akan ancaman masa RESESI ini, atau bahkan juga tidak mengerti ap aitu “RESESI”.

Apa itu Resesi Ekonomi? Silahkan baca disini

Pandemi Corona yang berkepanjangan ini membuat banyak hal tidak baik terjadi. Terlepas dari kontroversi apapun yang ada, CORONA ini nyata dan telah menghancurkan banyak kehidupan kita dari berbagai segment.
Dari yang telah kita ketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengumumkan dan release Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia di Quartal II (Kuartal 2) tahun ini (2020) mengalami minus yang sangat significant di angka  - 5,32%. (minus).
Sedangkan Quartal I (Kuartal 1) Indonesia masih mengalami pertumbuhan PSB sebesar 2,97% (plus), Bagaimana hasil rilis Produk Domestik Bruto Quartal III (Kuartal 3 masa Juli – September 2020) nanti? Semua berada di tangan masyarakat Indonesia sendiri.
Apakah masyarakat ingin berkontribusi untuk membantu memecahkan masalah ekonomi negara kita sendiri? Dengan cara apa kita sebagai masyarakat dapat membantu memulihkan keadaan Ekonomi?

Cara kita sebagai masyarakat membantu memulihkan keadaan RESESI, Silahkan baca disini

Menurut segi teori, sebuah negara akan dapat dikatakan mengalami RESESI setelah tingkat pertumbuhan Ekonomi yang (MINUS) terjadi selama 2 Quartal (Kuartal /= 6 Bulan) secara berturut-turut. Jadi, jika Negara Indonesia mengalami Pertumbuhan Ekonomi pada angka minus di bulan September nanti, maka dapat dipastikan Indonesia telah memasuki masa RESESI Ekonomi. Kita semua berdoa jangan sampai itu terjadi.
Tentunya kita tidak ingin kan memasuki masa kelas Negara kita yang pernah terjadi pada tahun 1998 era kepemimpinan Bapak Presiden Soeharto?

Ada apa Negara Indonesia di tahun 1998? Apa yang terjadi di tahun 1998? Ulas history nya disini

Maka dari itu, yuk kita sama-sama bahu-membahu membangkitkan keadaan negara kita ini, dimulai dengan melakukan hal-hal kecil disekitar kita seperti berikut :

  1. Dimasa Pandemi ini yang juga merupakan factor utama penyebab terdinya kegaduhan di seluruh dunia yang dampaknya sangat besar dari segala sisi kehidupan, sampai kita menjumpai dimana kita diharuskan menerapkan hal besar yaitu gaya hidup baru (lifestyle) yang disebut “New Normal”, yang dimana penulis sendiri memahami kedaan ini sebagai NOT NORMAL (ketidaknormalan). Maka yuk bareng-bareng mengusahakan dan menciptakan kembali TRUE NORMAL yang dimana kita bisa hidup seperti sebelumnya dengan cara mengikuti PROTOKOL – PROTOKOL KESEHATAN yang telah dianjurkan oleh pemerintah, dokter dan ahli kesehatan lainnya demi memutus rantai penularan Virus Corona (COVID-19) ini. Terlepas dari banyaknya kontroversial hal ini benar atau tidaknya, setidaknya kita sudah berusaha “membantu” keadaan disekitar kita menjadi lebih terlindungi dengan kedisiplinan kita sendiri.
     
  2. Saat ini banyak sekali dan sangat mudah untuk semua manusia memperoleh INFORMASI di era yang serba digital ini, dengan membuka ponsel digenggaman saja kalian dapat memperoleh informasi yang ingin kalian ketahui tentang apapun itu. HATI-HATI terhadap informasi saat ini, karena terlalu mudah informasi ditulis dan dipublish maka kita harus cermat dalam memilah informasi apakah itu benar adanya ataukah hanya sebatas HOAX. Karena penyebar informasi sekarang banyak ditumpangi oleh kepentingan-kepentingan pribadi yang tidak bertanggung jawab, maka dari itu informasi yang kalian baca belum tentu 100% dapat dipercaya, juga pun social media dan portal berita lainnya. BIJAK memilah informasi untuk disaring juga merupakan metode yang membantu kalian menjali hidup di jaman yang sedang sakit ini. Jika kalian merasa sebuah berita mengandung PROPAGANDA-PROGANDA menyesatkan dan hal-hal yang tidak layak, segera tinggalkan informasi tersebut. Karena informasi tersebut akan memakan mental kalian ke arah negatif dan menyebabkan dampak bagi pola pikir juga mungkin kesehatan kalian juga bisa berdampak ke perilaku sehari-hari kita.
     
  3. BIJAK dalam Menggunakan UANG & TABUNGAN, dalam situasi yang sangat sulit ini, beruntunglah kalian masih mempunyai uang simpanan dan tabungan asset lainnya, banyak dari kita kondisi keuangannya diluar sana yang sudah mencapai minus dan menjadi sangat kekurangan dikarenakan banyak yang kehilangan lapangan pekerjaan maupun bisnisnya hancur, tidak profit dan sebagainya, yang menyebabkan daya beli masyarakat terhadap konsumsi mengalami penurunan dan roda ekonomi kita stuck mandeg bahkan minus. Maka dari itu bijaklah dalam membelanjakan uang kalian untuk membeli hal-hal yang DIBUTUHKAN SAJA dalam jangka pendek, seperti kebutuhan primer dan pokok lainnya, hindari pembelian barang-barang yang kurang diperlukan saat ini, belanjalah produk-produk lokal disekitar kalian, seperti membelanjakan uang ke tetangga yg berjualan agar roda ekonomi akan tetap berjalan.  Kurangi sementara berbelanja barang-barang branded / produk-produk luar negeri. Dan yang paling penting meski dalam keadaan sulit usahakan kalian mensedekahkan sedikit dan semampunya uang yang kalian miliki kepada sesama yang membutuhkan. Itu akan meringankan sesama kita dan menjadi bukti rasa kemanusiaan kita agar lebih peka terhadap keadaan sekitar. Ada juga yang mengatakan jika kita mensedahkan sedikit  harta kita, maka Tuhan akan mengembalikan lebih dari apa yang kita kasih lewat jalan Nya.
     
  4. Tetap berfikiran WARAS, POSITIF dan SELALU OPTIMIS, meskipun kita semua terdampak oleh pandemi ini, tetaplah selalu menjaga fikiran anda dari hal-hal negatif maupun berfikir yang tidak penting yang dapat mempengaruhi tingkat kesehatan Mental maupun Kesehatan Imunitas badan anda, apalagi jika anda sampai mengalami perasaan putus asa, BUANG JAUH-JAUH fikiran tersebut, ingatlah orang-orang yang selalu menyayangi anda, orang-rang baik disekitar anda, mamupun orang-orang yang anda cintai, kalian tidak akan tahu betapa berharganya kalian di mata mereka. Meskipun anda didalam kesulitan mungkin ada orang yang anda sayangi yang masih membutuhkan kehadiran, motivasi positif dan perasaan saling menguatkan yang bisa anda salurkan dengan cara saling bertukan fikiran, pendapat dan hal baik lainnya, Mungkin dari itu juga, saling keterbukaan anda dengan orang lain dapat memunculkan suatu pemecahan solusi yang baik terhadap apa yang anda hadapi saat ini dan juga sebaliknya. OPTIMIS lah dalam berbagai kesempatan yang ada, fikirkan dengan baik tiap langkah yang akan diambil dan selalu berharap hasil baik yang akan didapat, memulai menurunkan Ekspektasi dan menghargai apa yang telah anda capai sampai saat ini apapun itu, sekecil apapun usaha dan hasil yang telah dilakukan.
     
  5. Selalu Berdoa dalam lindungan TUHAN Yang Maha Esa, apapun Agama dan kepercayaan kalian, karena berdoa dan berpasrah kepada Tuhan membantu hati kita akan selalu tenang dalam keadaan sesulit apapun. Bukan berpasrah yang dimaksud tidak melakukan apapun dan tidak berusaha menghadapi masalah dengan baik, tetap dibutuhkan ikhtiar untuk apapun itu.
     




๐ŸŒŸ ECONOMY - Inspiration Lainnya

Bagaimana tanggapan anda tentang RESESI INDONESIA SUDAH DIDEPAN MATA, BERFIKIR MATANG DAN PILAH PILIH SEBELUM MELAKUKAN SESUATU, Ada yang ingin ditanyakan? Komentar? Tulis komentarmu tentang kanal berita ini :)
In This Section


Get the latest update of MOSYAN-ORGANIZER by subscribing here